Surat Izin Mengemudi

Guys,, pasti kalian tau kan apa kepanjangan dari SIM?? Yakk.. SIM itu kepanjangannya Surat Ijin Mengemudi. Apa sih gunanya SIM?? kalo menurut saya sendiri siih.. biar kita gak usah was-was takut di tilang pak polisi saat kita sedang berkendara.. hehehe


SIM dibagi menjadi dua kategori,, ya itu sim C dan sim A. SIM C sebagai izin untuk mengendarai kendaraan yang beroda dua atau motor,, sedangkan sim A untuk para pengendara kendaraan beroda empat seeperti mobil, truk, bus dan kendaraan roda empat lainnya. Pembuatan SIM itu sendiri biasanya melalui beberapa tahap, seperti tes teori dan praktek..Ok selanjutkan akan saya ceritakan pengalaman saya pas buat SIM C di Polres Banjarnegara.
lets cekitdot yaa :)

Sampai di polres kurang lebih pukul 10.00,, di sana langsung ambil nomor antrian di loket buat dapat formulir pembuatan sim. stelah formulir itu di isi.. saya dibantu seseorang ( gak tau itu calo atau apa.. yang jelas memang dia mempermudah..hehehe) dia yang ngurus surat keterangan dokter.. pokokny tau-tau saya cuma ikut tes aja.. dan sim keluar,, masalah berkas dia yang urus.

Ada dua jenis tes yaitu tes teori dan praktek… waktu itu, masing-masing tes dilakukan dua kali.
untuk tes teori dan praktek yang pertama dilakukan di lembaga Pelatihan mengemudi yang lokasinya cukup jauh dari polres sih.. saya kurang tau jelas alamatnya,, yang jelas dari perempatan pasar wage Banjarnegara ke arah selatan. Alhamdulilah untuk tes teorinya lulus,, dan untuk prakteknya,, wesss hasilnya semua rintangan atau pembatas jalan sukses saya berantakin  ..ahahahaha ngulang deh sampai dua kali, dan hasilnya tetap saja tidak lolos.. wkwkwk,, tapi tenang walopun gak lolos tetep dapat surat lolos lohh ( emmm agak mikir keras sih sebenarnya, kok tetep d lulusin y??)

OK,, next test yang ke dua berlangsung di polres.. untuk tes kali ini,, hasilnya tambah ancur.. uda praktek gak lolos ehh teori ikut”an gak lolos..hahahaha
Pas tes prakteknya, gak urus deh semua rintangan lagi-lagi saya orak arik hahaha,, sampe sandalpun ikut nyantel di pembatasnya..hehehe tapi yaa what ever lah yang penting semua prosesi terlaksana.

Setelah semua tahapan test d lakukan, capcuss tes sidik jari, setelah itu beres, ngantri lagi buat di foto.
nah pas ngantri foto itu.. ada satu kejanggalan yang saya tangkap.. apakah itu?? hemmmm ada salah satu cowok yang lagi buat sim juga saat itu.. tapi dia dimnintai 1 bungkus rokok sama pak polisi.. katanya itu salah satu syarat biar SIMnya cepet jadi.. lohh sejak kapan ya rokok jadi persyaratan pembuatan SIM.. weleehh welleehh ada yang gak beress inii.. ( stay geleng-geleng kepala )

Giliran saya tiba.. daaann cepreettt.. tunggu sebentar,, jadi dehh SIM saya :) pembuatan SIM saat itu menghabiskan biaya kurang lebih Rp.425.000,-  ( Kebetulan pas lagi mahal :'(  )
dan ada satu pesan dari bapak polisi khususon untuk saya,, gini nih bunyinya ” Mbak.. lain kali kalo naik motor,, sendalnya gak usah di tinggal atau di cantel-cantelin di pembatas jalan yaa,, kita sudah punya sendal kok mbak”
hahahahaha.. pesan yang konyol… siap pakk..!!!

Teman,, saya bagi foto-foto pas lagi tes praktek ya  ;) ( numpang narsis bentarr aahh.. hahaha )

One response to “Surat Izin Mengemudi

Leave a Reply

