Coba lihat, ganasan Hiu apa Manusia??

Hiu merupakan ikan terbesar dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan dapat hidup di lautan baik yang berair dalam maupun dangkal. Keberadaannya kian hari kian langka karena perburuan oleh manusia yang semakin tak terkontrol. Seperti yang kita ketahui, sirip ikan hiu memang terkenal akan khasiatnya yang konon dapat menyegarkan ginjal dan paru-paru,menambah energi alat vital,sangat baik untuk memperkuat pinggang dan  pencernaan, serta sangat baik untuk sistem darah. Sehingga tak heran kalau siripnya sering digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Selain khasiat-khasiat tersebut di atas, menurut ahli gizi, sirip ikan hiu juga mengandung bayak gelatin yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang rawan dan kaya akan protein. Bahkan, meskipun belum terbukti secara ilmiah, sirip ikan hiu dipercaya dapat mencegah kanker.

Berdasarkan data dari Organisasi pangan dan pertanian perserikatan bangsa-bangsa, lebih dari 100 juta ekor hiu, skate dan ikan pari dibunuh tiap tahunnya. Jumlah tersebut hanya sebagian kecil saja,, karen lebih banyak lagi jumlah perburuan ikan hiu yang tidak dilaporkan.

Semakin mengkhawatirkannya jumlah populasi ikan hiu tersebut, tentu saja sangat mengancam kelestarian ikan hiu itu sendiri. Karena seperti yang kita ketahui proses reproduksi mereka sangat lambat. Untuk menjadi dewasa saja, seekor ikan hiu membutuhkan waktu selama kurang lebih 9 tahun. Belum lagi tiap ekornya hanya bisa mempunyai 1-2 anak. Jumlah dan proses tersebut sangat berbanding terbalik dengan semakin maraknya pembantaian ikan hiu, yang tentunya mendongkrak jumlah kematiannya.

Apalagi untuk sekarang ini, banyak sekali restoran-restoran seafood  terutama di negeri penggemar seafood seperti Hongkong, Korea, Cina dan Jepang yang menyajikan sup sirip ikan hiu sebagai menu andalan dan maskot mereka. Meskipun harganya lumayan fantastis, tapi tetap saja makanan tersebut banyak diburu oleh para penggemar seafood. Sehingga dapat dipastikan pemburuan ikan hiu pun makin merajalela.

Hiu memang tergolong hewan yang ganas, dan tak jarang pula terdengar kabar ada hiu yang menyerang manusia..Satu pertanyaan dari saya, menurut kalian lebih ganasan hiu apa manusia??. Setelah melihat foto-foto berikut, saya rasa buat teman-teman yang beranggapan kalau ikan hiu lebih ganas dari pada manusia, pasti akan berpikir ulang atas anggapan tersebut.. :) :)

Penangkapan ikan hiu oleh nelayan

Bukan hanya satu ekor saja, tapi banyak sekali Hiu yang dibunuh manusia untuk keperluan konsumtif

Pengambilan sirip ikan hiu

Sirip-sirip ikan hiu tersebut dikumpulkan untuk kemudian dikirim ke suatu tempat

Ini dia sekumpulan ikan hiu kecil tak berdosa yang siap diambil siripnya ( kasiahh :'( )

Sebelum diolah menjadi obat maupun disajikan menjadi menu masakan, terlebih dahulu sirip-sirip hiu tersebut dikeringkan

Setelah melalui beberapa proses, sirip-sirip hiu tersebut dikirim ke restoran yang menyajikan menu masakan berbahan dasar sirip ikan hiu. Kalo siripnya aja sebanyak itu, coba bayangkan berapa banyak hiu yang musti dibunuh..?? Pantes aja keberadaan mereka semakin langka.

Inilah hasil akhirnya….. Manusia tega membunuh jutaan hiu hanya demi satu mangkuk sup.. sungguh sup yang mengerikan

Thaks to memobee.com buat inspirasi artikelnyaa.. that’s nice article :)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s