Segarnya Dawet Ayu Banjarnegara

Buat kamu yang suka wisata kuliner, apalagi yang hobi sama yang seger-seger, pasti belum lengkap kalo kamu belum nyoba minuman sewegerrr dan khas Indonesia yang satu ini., dan dijamin harganya juga gak bakal bikin kantong kamu kering. Kalo kamu main ke Banjarnegara jangan sampe kelewat buat nyoba Dawet Ayu Banjarnegara.
Kota Banjarnegara terletak tepat di tengah pulau jawa di antara kota Wonosobo dan Purwokerto. Buat kamu yang gak tinggal di Banjarnegara dan sekitarnya.. gak usah khawatir yaa, karena minuman khas orang ngapak ini sudah banyak beredar di kota-kota besar seluruh Indonesia. Kalau misal kita males nyari, atau udah nyari tapi nggak nemu gimana??.. eitss jangan sedih yaa,,kamu bisa kok buat sendiri, dan caranya itu cukup mudah looh. langsung saja deh saya share resep pembuatan minuman seger yang satu ini

1. Siapkan bahan-bahan berikut :

  • 1 bks tepung hunkwe (Sagu Aren)
  •     600 ml air
  •     2 lembar pandan untuk pewangi santan
  •     100 ml air daun pandan suji
  •     1/2 sdt garam
  •     500 gr gula merah, iris-iris
  •     700 ml air untuk cendol
  •     biar tambah seger jangan lupa tambahkan es batu secukupknya

2. Peralatan yang diperlukan :

  • Saringan/cetakan Cendol (Bisa buat sendiri     dengan dilubangi paku)
  •     Baskom
  •     Sendok Kayu untuk mengaduk adonan

3. Untuk pemanisnya gunakan 500 gr Gula Merah / Gula Aren kurang manis bisa ditambah Gula Pasir diiris – iris dan direbus

4. Santan :

  •     1000 ml santan
  •     1/2 sdt garam
  •     2 lbr daun pandan

5. Cara pembuatan :

  •     Campur tepung hunkwe, air daun pandan suji, dan garam, aduk rata sampai tepung hunkwe larut.
  •     Masak campuran tepung sambil terus diaduk sampai adonan menggumpal dan matang.
  •     Siapkan air matang dalam baskom dan cetakan cendol. Tuang sedikit-sedikit adonan cendol, tekan-tekan sampai cendol keluar ke dalam    baskom. Lakukan sampai adonan habis.
  •     Rebus gula merah dan air sampai gula larut, angkat dan saring. Sisihkan.
  •     Rebus santan, garam, dan daun pandan dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mendidih. Angkat dan dinginkan.
  •     Tuang air rebusan gula merah dalam gelas secukupnya, beri cendol, santan, dan es batu, sajikan.

selamat mencoba mas dan mbak bro.. semoga bermanfaat 😉

pokoknya I Recommended banget ..hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s