Maknyusnya “Semanggi”, Kuliner Asli Surabaya

Semanggi, Kuliner khas Surabaya

Membahas kuliner khas Surabaya memang gak ada habisnya. Mulai dari yang harga murah, sedang sampai yang cukup menguras kantong kita. Kali ini saya akan menuliskan salah satu kuliner khas Surabaya yang murah meriah namun keberadaan makin langka dan sulit ditemui, yaitu “semanggi”. Semakin langkanya kuliner ini mungkin juga disebabkan semakin langkanya bahan baku makanan ini.

Daun semanggi

Sesuai dengan namanya, bahan baku kuliner yang satu ini adalah daun semanggi. Sejenis tanaman paku air yang biasa kita temukan di pematanag sawah dan saluran irigasi. Makanan khas arek suroboyo ini disajikan dengan wadah berbahan daun pisang atau dapat kita sebut dengan dipincuk, daun semanggi dan kecambah disiram dengan bumbu ketela rambat dan sambal cabe rawit yang pedas. Agar semakin mantap,, saya sarankan tambahkan krupuk puli ( krupuk yang dibuat dari beras) untuk menikmatinya.

Untuk yang penasaran dengan rasanya yang mak nyuss,,bagi yang mau hunting semanggi,,ada sedikit pilihan yang mungkin bisa anda tuju,

1. Mbok-mbok penjual Semanggi Gendongan

Penjual semanggi gendong

Kenapa disini saya sebur “Mbok-mbok”?? karena kebanyakan untuk penjual semanggi gendong adalah wanita paruh baya ke atas. Mereka menjajakan semanggi mereka dengan keliling dari rumah ke rumah atau keluar masuk kampung dengan berjalan kaki. Kebanyakan bakul semanggi jenis ini berasal dari satu tempat yang sama. Rata-rata mereka berasal dari desa Kandangan, kecamatan Benowo, Surabaya. Untuk semanggi gendongan, harga yang ditawarkan sangat ramah dengan kantong. Kalau yang pernah saya beli si, per porsinya hanya diberi harga Rp.3000,- saja. Wowww mantap kan??. Nah jadi buat teman-teman yang pengen hunting semanggi, pas lagi muter-muter Surabaya terus melihat mbok-mbok dengan gendongan sambil berteriak “Semanggii..seamanggii..” berarti perburuanmu sudah tepat.. hehehe

2. Taman bungkul

Penjual semanggi di taman Bungkul Surabaya

Rekomendasi yang selanjutnya adalah di taman kota Surabaya. Untuk yang satu ini sebenarnya penjualnya sama seperti di atas, yaitu mbok-mbok dengan bakul yang digendong,  namun bedanya mereka menetap atau tidak berkeliling. Penjual semanggi dapat kita temukan di Tambun alias taman bungkul. Untuk arek suroboyo pastinya taulah lokasi taman terbesar di kota Surabaya ini..

3. Hotel Plaza Surabaya
Selain dapat kita temui di pedagang keliling,, makanan khas yang satu ini dapat juga looh kita temukan di hotel berbintang, tepatnya di Hotel Surabaya Plaza. Dengan terget pembeli kalangan menengah ke atas, pecel semanggi ini laris manis terjual oleh para tamu hotel elit tersebut. Tapi untuk dapat menikmati Semanggi ala hotel Surabaya Plaza ini teman-teman tidak diwajbkan untuk menginap di hotel tersebut lhooh,, itu karena restorannya dibuka untuk umum juga. Untuk harganya,, memang jauh lebih tinggi dari semanggi gendongan tadi,, yaitu Rp.12.000,- untuk tiap porsinya.. tapi saya rasa itu tidak sebanding dengan rasanya yang jauh lebih wah..🙂

4. Gerai Semanggi Top Suroboyo ( STS )
Selain ke tiga rekomendasi di atas.. ada satu lagi ni tempat yang bisa kamu tuju jika ingin merasakan sensasi nikmatnya pecel semanggi yaitu di Semanggi Top Surabaya ( STS ). STS memang belum mempunyai kedai sendiri, namu  sudah hampir 13 tahun, STS berjualan di salah satu gerai tempat makan yaitu di Rumah Makan Antariksa yang berlokasi di Jl.Diponegoro..

———😀😀😀😀 :D———-
Selanjutnya, buat yang males muter-muter karena panasnya kota Surabaya.. saya bagi nih resep atau cara membuat semanggi. Jadi teman-teman tak perlu ber panas-panas ria untuk hunting semanggi, karenag bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

1. Untuk bumbunya yang sangat nyummii.. simak ini ya :
50 gram ubi, rebus
50 gr kacang tanah, goreng
satu ruas kencur
2 siung bawang merah, sangrai
1 siung bawang putih, sangrai
20 gr gula merah, sisir
dan petis secukupnya

Cara memasaknya :
1. Rebus daun semanggi dan tauge ( atau dapat menggunakan kecambah) lalu tiriskan.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan gula merah. Haluskan pula ubi dan kacang tanah secara terpisah. Campurkan bawang merah,kencur, bawang putih, ubi dan kacang tanah. Tambahkan sedikit air dan petis. Bubuhkan garam. Aduk rata.
3. Cara menyajikannya siramkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke atas rebusan daun semanggi dan tauge atau kecambah. Bila suka dapat ditambahkan sambal.
untuk lebih merasakan sensasi semangginya sajikan dengan di pincuk menggunakan daun pisang, dan makan dengan krupuk puli yaa..
(untuk resep ini saya ambil dari blognya mbakevi.. thanks so much for infonya ya mbakk🙂 )

Nah selamat mencoba ya teman.. mau mencoba hunting atau buat sendiri silahkan dipih saja.. yang penting harus nyoba nikmatnya makanan khas kota pahlawan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s