Serba-serbi Manfaat Pohon Bambu

Pohon bambu termasuk dalam jenis rerumputan yang berongga dan memiliki ruas-ruas di batangnya. Bambu merupakan salah satu jenis tanaman dengan siklus pertumbuhan paling cepat. Hal itu dikarenakan bambu memiliki sistem Rizhoma-dependen unik. Yakni dalam sehari, bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm atau bahkan bisa lebih, tergantung pada kondisi lingkungan atau geografis tempat ia tumbuh.
bamboo tree mbakfajritut

Dalam dunia pengobatan, Tanaman beruas ini sering digunakan untuk menyembuhkan infeksi,terutama di Cina. Selain mengobati Infeksi, bambu juga dikenal dapat menjadi obat penguat pada sistem pernafasan.
bambu untuk pengobatan mbakfajritut

Bambu juga dapat disulap sebagai sajian kuliner dengan rasa yang khas. Tapi kalau untuk yang ini, bambu yang digunakan yang masih muda atau tunas. Kalau saya sih, menyebutnya dengan “Rebung alias tunas muda”. Rasa manisnya terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik, karena bambu mengandung sumber pottasium yang rendah kalori.
tunas bambu mbakfajritut

Tak hanya dimanfaatkan untuk kesehatan dan dinikmati sebagai sajian kuliner saja. Bambu juga sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kerajinan tangan, dan pastinya memiliki nilai seni yang tinggi. Yaaww banyak banget kan? kerajinan tangan yang berbahan dasar bambu? contohnya anyaman, kranjang, kursi dari bambu, pigura, ahh pokoknya bangat banget deh kalo disebutin satu-persatu. Dan pasti teman-teman tau alat musik tradisional khas indonesia yang gambarnya ada di uang coin 1000’an terbaru kan?? Ya, Angklung. Angklung juga berbahan dasar bambu. Bukan hanya alat musik angklung saja yang berbahan dasar bambu. Seruling, karinding, arumba, biola bambu dan masih banyak alat musik tradisonal lainnya.
kerajinan-tangan-bambu-mbakfajritut

Di Indonesia masih banyak juga rumah-rumah yang menggunakan bambu, terutama rumah di daerah Sunda dan Jawa yang masih memanfaatkan batang bambu sebagai salah satu bahan konstruksi rumah. Yang paling banyak digunakan adalah bagian bawah bambu yang sudah tua, digunakakn sebagai kaso dan dalam keadan tertentu bambu dimanfaatkan untuk jembatan darurat.
rumah-bambu mbakfajritut

Dan ingatkah kalian dengan bambu runcing??? bambu runcing adalah senjata andalan para pahlawan kita untuk melawan penjajah demi memperjuangkan kemerdekan Indonesia. Kalau dilihat, mungkin bentuknya biasa-biasa saja, dan mustahil bisa melawan senjata seperti peluru, meriam dan senjata militer yang lain. Tapi berkat bambu runcinglah ( dan pastinya tak lepas dari semangat juang para  pahlawan kita) Indonesia dapat memperoleh kemerdekaannya.Selain bambu runcing khas Indonesia, beberapa daerah di Asia Tenggara dan Asia Timur juga menggunakan bambu untuk alat bela diri. Salah satu contohnya adala Bela diri silambam. Dalam bela diri ini, para petarung menggunakan rongkat bambu untuk saling memukul satu sama lain.
bambu runcing

Yang terakhir, bambu juga memiliki beberapa sisi mistis atau magis. Pasti teman-teman pernah mendengar istilah “Bambu Gila” kan?? tarian khas Ternate ini dilakukan oleh beberapa orang yang bersama-sama mengangkat satu bambu. Mereka bergerak mengikuti alunan gamelan dan gerakan bambu. Hah gerakan bambu?? bukannya orang-orang yang menggerakan bambu ya?? eits tunggu dulu, inilah alasannya kenapa saya kategorikan tarian bambu gila termasuk magis. Yang menggerakan bambu itu  adalah roh leluhur yang sengaja diundang ke dalam bambu tersebut. Kabarnya kekuatan tarian bambu gila ini bukan main. Pada umumnya bambu hanya memiliki berat paling tidak 10kg, namun dalam tarian ini dengan adanya kekuatan magis dari arwah leluhur tersebut, berat bambu dapat mencapai berton-ton. Sehingga tidak boleh dimainkan oleh sembarang orang, dan harus dijaga oleh beberapa orang pawang yang sudah agli dalam hal ini. Hawa mistis akan semakin terasa karena selain diiringi dengan musik gamelan, prosesi ini juga harus diiringi dengan pembakaran dupa, dan pastinya mantra-mantra yang diucapkan oleh sang pawang.
tarian bambu gila mbakfajritut

Selain bambu gila ada juga bambu-bambu magis lain yang dapat teman-teman lihat di Museum Kesehatan Dr. Adhyatma MPH yang berada di Jalan Indrapura – Surabaya.  Antara lain : bambu bertuah atau ranting bambu yang bercabang, yang konon dapat digunakan untuk menolak segala penyakit, bambu bertuah ini ditemukan di Lamongan. Ada lagi, alat pemotong tali pusar berbahan bambu yang berasal dari Papua. kemudian yang terakhit kayu santen dari Banyuwangi untuk menolak santet atau tenung.
bambu dimusemu mbakfajritut

2 responses to “Serba-serbi Manfaat Pohon Bambu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s